About

Minggu, 13 Februari 2011

Hari Valentine

Share this history on :

Dari Mana Muncul Valentine's Day??


.



Valentin, atau Valentinus yang di Indonesia beberapa waktu terakhir ini mulai dipopulerkan secara luas dengan istilah Valentin (tanpa e atau huruf s) sebetulnya nama seorang MARTYR (orang Kristen yang terbunuh karena mempertahankan ajaran agama yang dianutnya), VALENTIN yang sebenarnya adalah nama seorang tokoh agama Kristen yang karena kesolehannya dan kedermawanannya diberi gelar Saint atau Santo disingkat dengan St, dia mempunyai tempat istimewa didalam ajaran agama ini. Panggilan atau gelar ini dilekatkan pula kepada tokoh kristen yang lainnya,seperti St.Paul, St.Peter, St.Agustine dan sebagainya. St hanya dihubungkan dengan nama seorang penganjur dan pemimpin besar agama kristen dan karenanya tidak dapat diberikan kepada sembarang pemeluk agama ini, yang tingkat keagamaannya masih rendah. St Valentin ini karena pertentangannya dengan Kaisar CLAUDIUS II penguasa Romawi pada waktu itu berakhir dengan pembunuhan atas dirinya pada abad ketiga, tepatnya pada tanggal 14 Februari tahun 270 masehi, Menurut kepercayaan kristen kematian Valentin ini dikategorikan kepada mati syahid, sebagaimana orang islam menyebut bagi seorang muslim yang terbunuh didalam peperangan mempertahankan agamanya.


                                               
 

Kematian yang tragis ,kesolehan dan kedermawanan Valentin ini, tidak dapat dilupakan oleh para pengikutnya dibelakang, Valentine dijadikan simbol bagi ketabahan, keberanian, dan kepasrahan seorang kristen menghadapi kenyataan hidupnya. Namanya dipuja dan diagungkan dan hari kematiannya diperingati oleh pengikutnya dalam setiap upacara keagamaan yang dianggap sesuai dengan peristiwa tragis itu. Upacara peringatan yang pada mulanya bersifat religius itu dimulai pada abad ketujuh Masehi dan berlangsung sampai abad keempat belas dan setelah abad itu SIGNIFIKANSI keagamaannya mulai hilang dan tertutup oleh Upacara dan Ceremony yang non agamais.


VALENTINES DAY ATAU HARI VALENTIN, sebagaimana dikatakan diatas adalah hari kematian Valentine yang kemudian diperingati oleh para pengikutnya setiap tanggal 14 februari tahun yang sedang berjalan.Hari Valentine ini kemudian dihubungkan pula dengan pesta atau perjamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut "SUPERCALIA" yang biasanya jatuh pada tanggal 15 Februari, Setelah orang romawi masuk kristen maka pesta "SUPERCALIA" itu secara religius dikaitkan dengan kematian atau upacara kematian St Valentine.


Penerimaan Valentine sebagai model kasih sayang tulus diduga seperti berasal dari kepercayaan orang Eropa, bahwa masa kasih sayang mulai bersemi bagi burung jantan dan burung betina pada tgl 14 Februari setiap tahunnya.
Perkiraannya atau kepercayaannya ini lalu berkembang menjadi pengertian umum bahwa sebaiknya pihak pemuda mencari seorang pemudi (wanita) untuk menjadikan pasangannya dan sebaliknya seorang wanita mencari seorang pemuda untuk menjadi teman hidupnya pada tgl 14 Februari itu pula.Bersamaan dengan itu pula,mereka menyarankan untuk saling tukar tanda ma ta atau cadeau (kado) sebagai lambang terbinanya kasih sayang diantara mereka. Namun Valentine ini lebih dipopulerkan lagi oleh orang-orang Amerika dalam bentuk Greeting Card (kartu ucapan selamat) terutama sejak berakhirnya perang dunia ke I.

                              
                                
Demikianlah lama kelamaan nama dari seorang yang bergelar Santo Valentine itu akan jauh bergeser dari semuanya, orang yang datang dibelakang hanya akan menyebut namanya lewat Greeting Card.Pesta persaudaraan, tukar tanda mata, tanpa mengetahui latar belakang sejarahnya yang berumur lebih dari 1700 tahun yang lalu itu. Satu hal adalah pasti, bahwa setiap orang Kristen tentu akan mengerti betul apa maksudnya dan apa latar belakang mereka merayakan "VALENTINE’S DAY”

Puisi Buat Hari Valentine :)

Cintailah orang yang kau cintai sekedarnya saja….
siapa tahu pada suatu hari kelak
ia akan berbalik menjadi orang yang kau benci….

dan bencilah orang yang kau benci sekedarnya saja….
siapa tahu pada suatu hari kelak
ia akan menjadi orang yang kau cintai

=============================
“HANYA DI DALAM KEGELAPAN MALAM……TERLIHAT BINTANG-BINTANG TERANG GEMERLAP YANG INDAH “
===========================
” Oh indahnya mentari pagi ……..mengusir kegelapan malam pekat yang panjang…….
Setiap hari selalu bersyukur atas hari yang baru , semangat yang baru , tekad yang baru………..
Indahnya hari ini ………setiap hari adalah keberuntungan “
” JADILAH DIRI SENDIRI SETIAP WAKTU ” ~Cathie Balck (Presiden Hearst Magaines)
==================================
” KETIKA ANDA JATUH …………
KETIKA ANDA GAGAL………….
KETIKA ANDA TIDAK MEMILIKI APA-APA………..
SESEORANG YANG BERSAMA ANDA………ADALAH TEMAN SEJATI ANDA
KETIKA ANDA BERHASIL………..
KETIKA ANDA KAYA………………….
KETIKA ANDA DAPAT MEMILIH DAN DUNIA SEAKAN MILIK ANDA………………….
SESEORANG YANG BERSAMA ANDA……….BUKANLAH TEMAN SEJATI ANDA ,
IA MENGINGINKAN SESUATU DARI ANDA. “
“PANDANGLAH SEGALA SESUATU DARI BERBAGAI SUDUT……..JADILAH BIJAKSANA “.
“MUSUH TERBESAR MANUSIA ADALAH DIRINYA SENDIRI “
===================================

0 komentar:

Posting Komentar